Jawaban:
Sekian penjelasan dari saya semoga membantu
Obat Sakit Kepala
Abstraksi
Di suatu hari pada bulan puasa, ada kakek yang hidup bersama dengan cucunya yang sedang asyik menikmati nonton televisi.
Orientasi
Si kakek seperti biasa sedang menonton acara favoritnya yaitu "Si Boy". Setiap 20 sekali selalu muncul iklan, dan satu di antara iklan yang muncul adalah iklan obat sakit kepala. Di dalam iklan tersebut disebutkan bahwa obat tersebut dapat diminum kapan saja
Krisis
Ketika sedang asik-asiknya menonton TV, si kakek mendadak muncul rasa sakit di kepalanya. Kemudian si kakek memanggil cucunya yang sedang enjoy bermain di kamar dan menyuruhnya supaya membelikan obat sakit kepala untuknya.
Setelah cucunya tiba di rumah maka tidak menunggu lama, si kakek pun langsung meminum obat tersebut.
Reaksi
Merasa ada yang aneh, si cucu tersebut kemudian bertanya kepada si kakek, "Kakek kan lagi puasa, kenapa minum obat Kek?".
Koda
Dengan penuh percaya diri dan sama sekali tidak ragu-ragu, dan seakan tidak merasa berdosa maka si kakek pun menjawab, “Itulah hebatnya obat Bodr*x ini cu, bisa diminum kapan saja!".
Penjelasan:
Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya
Isi
Teks anekdot berisi masalah terkait tokoh publik atau masalah yang menyangkut orang banyak. Sedangkan humor berisi masalah kehidupan sehari-hari (umum).
Fungsi komunikasi
Teks anekdot bertujuan untuk menyampaikan kritik atau sindiran secara halus, sedangkan humor bertujuan untuk menghibur.
Makna tersirat
Teks anekdot mengandung makna tersirat untuk disampaikan kepada pembacanya. Sedangkan pada humor tidak ada makna atau pesan tersirat yang disampaikan.
Bentuk
Bentuk teks anekdot memiliki struktur, sedangkan bentuk humor lebih bebas dan tidak memiliki aturan yang mengikat.
Anekdot memiliki struktur teks tersendiri sehingga berbeda dari jenis teks yang lain. Struktur teks anekdot terdiri dari abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda.
[answer.2.content]